Selasa, 14 Juni 2011

ISBD (ilmu sosial budaya dasar)

STRATIFIKASI SOSIAL
Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial adalah pembedan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat). menurut pitirim A. Sorokin adalah perbedaan penduduk atau masyarakat kedalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat ( hirarkis).
ukuran atau kriteria yang dominan sebagai dasar pembentuk pelapisan sosia adalah sebagai berikut :
  1. ukuran kekayaan 
kekayaan dapat dijadikan ukuran penempatan anggotamasyarakat kedalam lapisan-lapisan sosial yang ada " barang siapa yang memiliki kekyaan ayang paling banyak maka ia akan termasuk lapisan teratas dalam sisitem pelapisan sosial demikian pula sebaliknya.

    2.   kekuasaan dan wewenang
seseorang yang emiliki keuasan atau wewenang paling besar akan menempati lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan demikian pula sebaliknya.

    3.  ukuran kehormatan
ukuran kehormatan dapat terlepas dari ukuran kekayaan atau kekuasaan. ukuran kehormatan sangat terasa pada masyarakat tradisional, biasanya mereka sangat menghormati orang yang banyak jasanya pada masyarakat.

   4.  ukuran ilmu pengetahuan
ukuran ilmu pengetahuan sering dipakai oleh anggota-anggota masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan. orang yang m,enguasai ilmu pengetahuan akan menempati lapisan tinggi  dalam sistem lapisan sosial masyarakat. penguasaan ilmu pengetahuan ini biasanya terdapat dalam gelar akademik atau profesi seseorang. namun sering timbul akibat negatif dari kondisi ini sehingga banyak orang yang berusaha sdengan cara yang tidak benar untuk memperoleh gelar seperti membeli skripsi, menyuap izajah palsu dsb.

stratifikasi dapat terjadi dengan sendirinya sebagai bagian dari proses pertumbuhan masyarakat, juga dapat dibentuk untuk tercapainya tujuan bersama. faktor yang menyebabkan stratifikasi sosial dapat tumbuh dengan sendirinya adalah  kepandaian, usia,sitem kekerabatan, dan harta dalam batas-batas tertentu.

mobilitas sisial (social; mobility)
  1. gerak sosila horizontal
  2. gerak sosial vertikal
saluran gerak sosial vertikal
  1. angkatan bersenjata
  2. lembaga keagamaan
  3. sekolah
  4. organisasi politik
  5. ekonomi
  6. keahlian
perlunya pelapisan sosial
  1. MENEMPATKAN INDIVIDU-INDIVIDU DALAM PELAPISAN SESUAI USAHA IHTIAR, DAN NASIB
  2. MENDORONG MEREKA AGAR MELAKSANKAN KEWAJIBANNYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar