Rabu, 23 Maret 2011

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA

Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah filsafat  (philosophia). Dari filsafat lahir tiga cabang ilmu pengetahuan
1. Natural Science (ilmu-ilmu alam meliputi : fisika, kimia, biologi)
2. Social science (ilmu-ilmu sosial meliputi : sejarah, politik, ekonomi)
3. Humanities (ilmu-ilmu budaya meliputi : bahasa, agama, kesenian)
  • ilmu sosial dinamakan demikian karena ilmu tersebut mengambil masyarakat atau kehidupan bersama sebagai objek yang dipelajarinya. yang mana objek itu objek social sciense.objek sciense adalah manusia sedangkan untuk membedakan antara ilmu-ilmu sosial adalah focus of interest(pusat perhatian).
  • ilmu budaya adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk berbudaya (homohumanus). masalah-masalah yang menyertainya, sering disebut sebagai humanities yang merupakan pengetahuan yang diharapakan dapat memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep yang dapat digunakan untuk masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
- Coba kita lihat dalam UU no.20 tahun 2003
fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. tetapi kita coba lihat watak pendidikan ke belakang atau program pendidikan yang sekarang adanya politisasi seperti pada UAN, adanya kecurangan dalam pengisian UAN. Banyak sekolah-sekolah yang curang dengan memberikan jawaban kepada muridnya.
padahal kita lihat tujuan dari pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bnertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
- konsep pendidikan umum
pendidikan yang berkenaan dengan pengembangan keseluruhan kepribadian seseorang dalam kaitannya dengan masyarakat dan lingkungan hidupnya. dalam kehidupan masyarakat yang sekarang seolah-olah tidak akan dapat bertahan tanpa bantuan produk teknologi, hal ini memaksa kehidupan menjadi konsumtif. Pada saatnya akan menggusur nilai-nilai kemanusian yaitu kemandirian dalam mengatasi persoalan hidupnya. nilai-nilai kemandirian sangat dibutuhkan karena didalamnya ada unsur kreatifitas dan efesien. Oleh karen itu, kita perlu menyadari untuk segera membekali peserta didik dengan kemampuan dasar diantaranya nilai-nilai kemandirian.

MATERI 2 
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
(juga sebagai makhluk polekbudpsikol)

- Manusia lahir sebagai makhluk individual yang bremakna tidak terbagi atau tidak terpisahkan antara jiwa dan raga. secara biologis, manusia lahir dengan kelengkapan fisik tidak berbeda dengan makhluk hewani. namun secara rohani ia sangat berbeda dengan makhluk hewani apapun.jiwa manusia merupakan satu kesatuan dengan raganya untuk selanjutnya melakukan aktivitas atau kegiatan. 

-Pola kelakuan
perbedaan dan persamaan pola kelakuan manusia dan binatang
1.persamaan
    manusia dan binatang sama-sama apabila dalam mencari makan, kalau binatang mencari makan langsung mencari kesumbernya tetapi apabila manusia mencarinya melalui kerja keras masing-masing atau hasil bekerja mereka baru bisa membeli apa yang mereka inginkan.
2. perbedaan
   perbedaan manusia dengan binatang yaitu binatang ditentukan oleh sistem organik biologik saja sedangkan manusia tidak hanya ditentukan oleh sistem organik biologik saja tetapi manusia mampu menciptakan dengan akalnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar